cryptocurrency
Tech

Bitcoin News : Kenapa Harganya Turun Terus?

Kalian merupakan salah satu investor atau trader dari cryptocurrency? Pasti bingung dan sakit kepala kan kalo ngeliatin harga bitcoin yang kian hari kian menurun? Bertanya tanya pasti kan kenapa aset cryptocurrency yang memiliki market cap terbesar ini anjlok terus menerus dalam kurun waktu 2 bulan terakhir? Kali ini AdmiNT mau kasih kalian info Bitcoin News : kenapa harga nya turun terus? Artikel ini bisa dijadikan insight buat kalian harus mengambil langkah apa selanjutnya dengan portofolio kalian kedepannya.

1. PEMERINTAH CHINA RESMI MELARANG KEGIATAN MINING BITCOIN

bitcoin news
Bitcoin VS China Sumber: Coingape

Lagu lama! Bitcoin news dari beberapa tahun lalu muncul lagi ke permukaan google search! Tapi kali ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini pemerintah China menindak tegas perihal kegiatan mining bitcoin. Bahkan pemerintah China dikabarkan secara diam-diam mendata seluruh bitcoin mining facility yang ada di seluruh daratan China. Beberapa dari bitcoin mining facility tersebut sudah di non aktifkan dan ditutup paksa oleh pemerintah China. Ironi memang apabila kita berkaca bahwa bitcoin mining facility terbesar di dunia ya jelas dikuasai China sebesar 80%. Bahkan terdapat video yang cukup viral di platform sosial media TikTok menunjukkan para pegawai bitcoin mining facility sedang mematikan mesin superkomputer mereka dengan nada sedih sambil berkata bye bye.

2. HASHRATE TURUN DRASTIS

bitcoin news
Bitcoin Hashrate Sumber: Medium

Berita selanjutnya masih ada hubungan nya dengan China. Hashrate yang kian hari kian menurun. Sebenarnya ada dampak signifikan ga sih dari ditutupnya kegiatan mining bitcoin dengan penurunan hashrate? Tentu sangat erat hubungannya! Hashrate itu apa sih? Jadi hashrate itu simpelnya kecepatan ketika para bitcoin miners menambang bitcoin dalam satuan Terahashes per Second. Efek negatif dari penutupan kegiatan bitcoin mining di China menyumbang impact besar terhadap penurunan bitcoin hashrate. Data per 22 Juli 2021 menunjukkan bahwa hashrate bitcoin berada di angka 90,7M. Menjadikan hashrate bitcoin terendah sepanjang tahun 2021.

3. TECHNICAL ANALYSIS, DEATH CROSS!!!

bitcoin news
MACD Death Cross Sumber: AdmiNT

Apabila kita melihat dari sisi technical analysis, memang ada hubungan nya dengan penurunan harga Bitcoin. Bagaimana tidak harga Bitcoin per tanggal 22 Juni 2021 sempat menyentuh harga $ 28.805 atau bila kita rubah ke kurs rupiah di hari yang sama sebesar Rp 411.911.500. Harga tersebut adalah harga yang sama di Januari silam. Penurunan dari harga tertinggi nya di bulan April mencapai 55%! Karena efek berita negatif yang begitu kuat membuat psikologi market melemah. Volume perdagangan dari hari ke hari kian menurun yang akhirnya salah satu indikator andalan para trader yaitu MACD atau Moving Average Convergence Divergence kian menurun dan akhirnya membentuk pola Death Cross. Secara technical analysis apabila MACD telah bersilangan membentuk pola Death Cross, maka petaka yang datang yang membuat akhirnya harga Bitcoin terjun bebas.

4. INDIKATOR PSIKOLOGIS MARKET EXTREME FEAR

bitcoin news
Fear & Greed Indicator Sumber: alternative.me

Sampai dengan artikel ini dibuat, indikator psikologis market masih berada di angka 14 yang menunjukkan extreme fear. Artinya apa AdmiNT? Jadi para investor dan trader masih diselimuti rasa khawatir dengan pergerakan harga Bitcoin saat ini. Ketika indikator ada di posisi tersebut banyak orang melakukan aksi jual entah itu mengambil profit ataupun cutloss agar uang mereka yang hilang tidak semakin banyak. Loh bukan nya ketika orang-orang fear waktunya kita serok bawah? Saran AdmiNT sih wait and see dulu hingga harga Bitcoin membentuk sideways dan membentuk keseimbangan baru.

BACA JUGA: KUMPULAN HP TERBARU OPPO 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.